(Siaran Pers) Rakernas I PATRIA : Fokus Kembangkan Kompetensi Kader Dan Wirausaha

Jakarta, 19 Desember 2022

Pengembangan kompetensi kader dan pengembangan (wira-) usaha mikro, kecil, menengah menjadi dua inti desain perencanaan kerja organisasi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pertama Perkumpulan Alumni Margasiswa Republik Indonesia (PATRIA).

Rakernas I PATRIA berlangsung secara online pada Sabtu, 17 Desember 2022, lalu. Sebelumnya, Pra-Rakernas telah berjalan maraton secara daring, luring, maupun hibrid sejak awal November 2022.

Dihadiri DPP dan DPD, Rakernas menjadi arahan program kerja pengurus berbagai tingkatan. Maksimus Ramses Lalongkoe, Wakil Ketua Umum Urusan Internal Organisasi PATRIA, mengingatkan bahwa sebagai pengurus perdana, periode ini menjadi peletak dasar seluruh infrastuktur organisasi ke depannya.

Dalam pengantarnya, Agustinus Tamo Mbapa, Ketua Umum PATRIA, menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi dan pengembangan usaha sebagai perwujudan visi dan misi PATRIA. Gustaf juga mengungkapkan sejumlah poin penting terkait konsolidasi internal.

“Pengembangan kader tidak sekadar pemberian beasiswa S2/S3 atau workshop peningkatan skill, namun perlunya pendampingan intens terhadap kader yang sedang menempuh pendidikan”, tambah Ferdi Antonio, Wakil Ketua Umum Urusan Pendidikan, Riset, dan Teknologi, PATRIA.

Lewat pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, PATRIA perlu mendukung terciptanya kemerdekaan finansial bagi para kader. “Tahun-tahun mendatang kondisi ekonomi masyarakat diramalkan masih akan berat”, kata Paula Landowero, Bendahara Umum PATRIA. Maka PATRIA perlu berperan lebih besar untuk membangun pilot project yang memandirikan anggota maupun organisasi.

“Terkait agenda politik di tahun mendatang, PATRIA juga perlu menyiapkan pemetaan kader dan jaringan pendukung bagi kader yang akan terlibat dalam berbagai aspek pesta demokrasi”, tegas Kasimirus Bara Bheri, Wakil Ketua Umum Bidang Politik dan Pemerintahan, PATRIA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *